5 Perbedaan Android Dengan iPhone Yang Harus Kamu Tahu

0
76
perbedaan android iOS

Sebelum panjang lebar membahas perbedaan android dengan iPhone, kita harus tahu dulu pengertian keduanya karena banyak orang yang salah kaprah mengenai kedua benda ini. Sebenarnya kurang tepat  bila kita membandingkan anntara android dengan iphone. Android adalah OS (Operating System) sedangkan iPhone hanya sekedar merk smartphone.

Jadi, yang tepat adalah bila kita membandingkan iPhone maka lawan mainnya adalah Samsung Galaxy, Sony, Xiaomi dan sebagainya. Sedangkan android lawan mainnya adalah iOS milik iPhone, Symbian, windows mobile dan lain-lain. Kendati demikian, perbedaan antara android dan iPhone masih banyak dicari. So, langsung saja simak.

  1. iOS iPhone itu ekslusif sedangkan android terbuka untuk semua

          iPhone lebih ekslusif karena ia hanya diproduksi oleh satu pabrik saja, yaitu Apple. Dengan beradanya dalam satu manajemen saja, bisa membuat iPhone ini lebih ekslusif karena semua kebijakan diatur dan awasi langsung oleh Apple. Hal ini yang menyebabkan iPhone mempunyai perhatian yang penuh. Dalam kinerja, hanya ada segolongan aplikasi yang diizinkan, bahan yang di gunakan hingga sistem keamanan.

Beda halnya dengan Android, ia bersifat terbuka dan diproduksi puluhan pabrik smartphone sehingga proses pengawasan terhadap support dan kualitas menjadi variatif tergantung dengan masing-masing pabrik yang membuatnya. Masing-masing pabrik memilki standardnya sendiri.

Baca Juga : Ini Langkah-langkah Mudah Memindahkan Data dari iOS ke Android

  1. iOS berbeda dengan Android

          iOS adalah OS khusus untuk smartphone iPhone yang diproduksi Apple. Oleh karena itu setiap aplikasi yang masuk dalam Apple Store akan diperiksa terlebih dahulu oleh pihak Apple. Jadi, kita tidak menemui aplikasi yang ecek-ecek untuk bisa di-instal pada iPhone.

Sedangkan aplikasi yang masuk dalam Play Store, yaitu market aplikasi yang khusus untuk Android seketat seperti iOS. Sehingga aplikasi yang ada di Play Store lebih banyak ketimbang Apple Store. Dan terkadang dalam Play Store, kita dapat aplikasi yang ecek-ecek dan tidak jelas. Itu karena lagi-lagi Android tidak seketat iOS dalam urusan aplikasi.

  1. iPhone Tanpa Memori Eksternal Dan Tidak Bisa Menjadi Storage Eksternal Tidak Seperti Smartphone Yang Berbasis Android

          Inilah keunikan dari iPhone, ia tidak mempunyai slot memori eksternal. Jadi iPhone hanya mengandalkan memori internalya saja.  berbeda dengan Smartphone Android, ia mempunyai slot memori eksternal sehingga memorinya dapat bertambah.

Lalu apa yang dimaksud dengan iPhone tidak bisa menjadi storage eksternal? Pernahkah kamu menyambungkan Android ke komputer? Sederhananya, Memori internal dan eksternal pada Android akan terlihat bila dihubungkan oleh komputer, inilah yang disebut sebagai storage eksternal. Sedangkan iPhone bila dihubungkan oleh komputer maka kita tidak bisa melihat memorinya kecuali hanya folder foto saja.

Baca Juga : Ini Fitur-fitur Rahasia iPhone yang Patut Anda Coba!

  1. iPhone Dapat Selalu dapat Update iOS Terbaru, Sedangkan Android Jarang

          Pengguna Android mungkin paham bahwa tidak bisa update ke sistem operasi Android terbaru. Misalnya OS (Operating System)  Jelly Bean tidak bisa di upradge ke OS Kitkat. Walaupun ada yang bisa, pasti tidak sampai pada OS yang terbaunya.

Beda halnya dengan iPhone, kamu akan mendapat update iOS terbaru versi berapapun. Tapi harus diingat guys, pembaruan iPhone harus masih dalam rentang umur penggunaannya. Cara update iOs pun sangat mudah, hanya membutuhkan koneksi wifi dan update iOS pun dapat langsung terinstal seperti mendownload aplikasi.

  1. Penggunaan RAM Pada iPhone Lebih Kecil Dibandingkan Android

          Bila kita bandingkan antara RAM iPhone dengan Android maka kita akan menemukan RAM pada android jauh lebih besar berlipat-lipat dari pada iPhone. tapi bukan berarti kinerja iPhone akan ngelag itu salah besar. Hal ini dikarenakan aplikasi yang ada pada peragkat iPhone tidak menggunakan Java seperti Android, sehingga lebih ringan. Jadi walaupun RAM iPhone hanya 1 GB itu setara dengan RAM 3 GB Android

Beda halnya dengan Android, ia membutuhkan ruang memori ekstra yang besar untuk memproses penggunaan kembali memori setelah aplikasi digunakannya. Proses ini akan berjalan mulus bila mempunyai ruang RAM yang besar. Dan Android akan menurun kinerjanya apabila banyak aplikasi berjalan di latar.

          Nah itulah perbedaan Android dengan iPhone. masing-masing mempunnyai kekuatan dan kelemahan yang berbeda-beda. Dengan mengetahui perbedaan Android dan iPhone ini kita bisa memahami fungsi dan kegunaannya. Bagaimana guys, kamu tertarik dengan yang mana?