iPad Pro Seharga 12 Juta Hampir Setara MacBook Pro Seharga 25 Juta

0
16
iPad Pro 2017

Pada acara WWDC beberapa waktu lalu, Apple memperkenalkan iPad Pro terbaru, yang dibekali sederet kemampuan canggih. Apple bahkan mengklaim perangkat ini “bisa menggantikan laptop kamu”, menjadi satu-satunya perangkat yang akan kamu gunakan di keseharian.

Hm, benarkah klaim mereka? Website yang melakukan tes benchmarking, Bare Feats, menemukan bahwa iPad Pro 10,5 inchi dan 12,9 inchi model terbaru dalam segi performa ternyata tidak terpaut jauh dengan MacBook Pro 13 inchi!

Bare Feats tidaklah melakukan tes perbandingan dengan MacBook Pro 13 inchi berprosesor Intel Core i5, tetapi dengan opsi prosesor terbaik untuk perangkat laptop tersebut, yakni Core i7 tercepat, demikian kami himpun dari laman Business Insider. Lihat saja hasil benchmark di bawah ini, dimana angka tinggi menunjukkan hasil paling oke:

Geekbench iPad Pro

Lihat? iPad Pro 12,9 inchi (2017) mendapat skor 9.220, sementara iPad Pro 10,5 inchi (2017) lebih tinggi, yakni 9.332. Kedua angka tersebut terpaut tidak jauh dengan MacBook Pro 13 inchi keluaran 2017 yang membukukan skor 10.261. Coba lihat hasil untuk MacBook Pro 13 inchi tahun 2016, yang “hanya” mencetak angka 8.509.

Hasil skor luar biasa tersebut ditunjang oleh iOS 11 yang dibenamkan di iPad Pro terbaru, yang menambahkan beberapa fitur penting demi meningkatkan performa iPad Pro hampir selevel dengan MacBook Pro. Kamu membeli iPad Pro, tapi hasilnya kurang lebih sama saja seperti kamu membeli MacBook Pro. Bukankah ini menakjubkan?

Fitur terbaru di iOS 11 memungkinkan kamu mendapatkan Dock, sama seperti Dock yang bisa kamu temukan di macOS. Belum lagi tambahan dukungan fitur bernama Files, yang mana mampu mengorganisir file-file kamu di iPad, seperti dokumen, foto juga PDF.

Sekilas, tampaknya iPad Pro 12,9 inchi terbaru dengan memori 256 GB seharga USD 900 (sekitar 12 juta rupiah) bisa menawarkan lebih baik daripada MacBook Pro 13 inchi dengan prosesor Core i7 senilai USD 1.800 (sekitar 25 juta rupiah). Keduanya memiliki bentang layar kurang lebih serupa, dan iPad Pro dibanderol lebih murah hampir setengahnya!

Pertanyaannya adalah: Bisakah iPad Pro benar-benar menggantikan laptop?

Mari kita telisik dari sisi fisik. iPad Pro didesain dengan fisik yang menawan, ringan sekaligus sederhana. Layarnya bisa disentuh, hal yang tidak bisa didapat di laptop. Hal ini bisa berguna untuk kamu yang ingin bersantai di sofa sembari mengakses media sosial atau sekedar berselancar di internet. Tapi jika kamu menggunakannya untuk bekerja atau tugas berat lain (sesuai embel-embel “Pro” di belakang namanya), kamu jelas membutuhkan perangkat lain untuk menunjangnya, yakni mouse atau setidaknya, trackpad.

iPad Pro Files

Bayangkan kamu duduk di meja kerja dan secara rutin menggunakan iPad Pro dengan tangan kamu, untuk melakukan klik atau geser sana-sini di layar demi membuka web, tautan, memilih menu dan menggulir layar. Oh, pastinya itu akan sangat melelahkan. Itu sangat tidak praktis, dibandingkan dengan menggunakan mouse atau trackpad, yang tampak sederhana namun tidak menghabiskan banyak energi.

Belum lagi jika kamu memilih iPad Pro yang berlayar 12,9 inchi. Itu bukan layar yang sempit, tapi lebar! Tangan kamu harus menjelajah ke setiap sudutnya untuk mengakses beberapa hal, setiap saat kamu bekerja. Atas alasan itulah, tampaknya laptop masih tetap dibutuhkan untuk bekerja. Belum bisa digantikan sepenuhnya, untuk saat ini.

Seandainya pun Apple menambahkan dukungan untuk mouse di iPad Pro terbaru, model dengan RAM 4 GB tidaklah cukup menunjang aktivitas berat saat ini. Untuk pekerja profesional yang sering menggunakan MacBook Pro, RAM 8 GB pastilah keharusan, bahkan menginginkan yang lebih. Misalnya saja untuk membuka banyak tab di Google Chrome, atau memaksimalkan aplikasi Final Cut Pro. Semakin besar RAM yang kamu dapatkan, maka semakin banyak aplikasi atau tab browser yang bisa berjalan secara bersamaan tanpa mengorbankan performa.

Lagipula, iOS di iPad Pro tetaplah OS yang dibuat untuk versi mobile, yang mana menjalankan aplikasi versi mobile juga. Tetap saja versi mobile terbatas untuk masalah produktivitas, setidaknya jika kita membandingkannya dengan fitur penuh di desktop, yang bisa didapat melalui macOS.

Pada akhirnya, iPad Pro 2017 terbaru memang sebuah perangkat yang sangat kuat dan canggih, bisa menjalankan aplikasi semacam Adobe Photoshop dan Lightroom, dan kamu bisa mendapatkan Microsoft Office melalui App Store. Tapi untuk sebagian besar orang, apalagi yang terbiasa bekerja dengan MacBook Pro, tetap saja sebuah laptop sangat dibutuhkan untuk bekerja, bukan tablet, dengan embel-embel “Pro” sekalipun.

Maaf Apple, tampaknya klaim kalian yang menyatakan bahwa iPad Pro bisa menggantikan laptop masih harus dibuktikan lebih lanjut. Mungkin di masa depan kita akan melihat produk Apple yang sungguh bisa menggantikan laptop.

Oya, untuk melihat bagaimana kecanggihan iPad Pro terbaru, silahkan simak video dari Apple dibawah ini :