Ketahui 5 Fitur Android yang Jarang Diketahui Berikut Ini!

    0
    97
    fitur Android

    Kemampuan smartphone Android tak dimungkiri terus berkembang dan semakin mumpuni. Mulai dari sekadar alat komunikasi, kini smartphone hadir dengan fitur yang lebih beragam. Namun tak semua pengguna mengetahui beragam fitur yang ditawarkan smartphone Android. Untuk itu, berikut ini ada lima fungsi perangkat Android yang terkadang belum diketahui semua pengguna.

    Baca Juga: Ini 3 Fitur Keren Android O yang Seharusnya Bisa Ditiru Apple

    Meski sederhana, beberapa fungsi ini sebenarnya dapat memaksimalkan penggunaan smartphone. Lantas, apa saja fungsi itu? Berikut ini ada lima fitur tersembunyi Android yang jarang diketahui oleh orang awam.

    Menjalankan perintah suara saat layar terkunci

    Sejumlah smartphone Android sebenarnya memiliki fitur mengaktifkan pencarian berbasis suara, meski keadaan layar terkunci sekali pun. Namun fungsi ini baru berfungsi pada perangkat yang sudah mengaktifkan sistem pendeteksi suara.

    Untuk mengaktifkannya, kamu cukup membuka “Google Settings”, lalu pilih “Search and Google Now”. Setelah itu pilih “Voice”, dilanjutkan “Ok Google detection” dan aktifkan “Always On”. Kini kamu cukup mengatakan “Ok Google” saat mengaktifkannya.

    Mematikan dan mengatur ulang smartphone dari jarak jauh

    Kehilangan smartphone merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Terlebih, jika hal itu terjadi karena keteledoran atau aksi kejahatan yang dilakukan orang lain. Untungnya, Google memiliki fitur bernama Android Device Manager yang dapat digunakan untuk mengontrol perangkat dari jarak jauh. Melalui fitur ini, kamu dapat menghapus bahkan mengatur ulang perangkat ke modus factory reset untuk mencegah data disalahgunakan.

    Menjadi kompas atau barometer

    Kehadiran sejumlah sensor pada smartphone Android ternyata dapat difungsikan untuk beragam fungsi. Kamu cukup memasang aplikasi yang tersedia untuk memanfaatkan fungsi tersebut. Apabila tertarik memanfaatkan smartphone sebagai kompas, kamu cukup memasang aplikasi seperti Smart Compass atau AndroiTS Compass Free. Sementara perangkat dengan barometer, dapat menggunakan Barometer Altimeter DashClock untuk memaksimalkannya.

    Memindai dokumen

    Tak dimungkiri, mesin pemindai (scanner) masih cukup diminati mengingat penggunaan kertas yang masih tinggi. Namun tahukah kamu, smartphone ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai pemindai dokumen mobile. Meski hasilnya tak terlalu bagus, kemampuan ini terbilang sangat membantu pengguna yang kerap membutuhan proses pemindaian secara cepat dan langsung. Kamu cukup memasang aplikasi seperti CamScanner atau Evernote untuk mengubah smartphone-mu menjadi pemindai.

    Membuka tab Chrome dari perangkat lain

    Pengguna yang kerap melakukan aktivitas dengan beberapa perangkat, fitur Google Chrome ini akan sangat membantu. Alasannya, kamu dapat membuka tab Chrome dari perangkat lain langsung dari smartphone Android.

    Namun perlu diingat, saat memanfaatkan fitur ini, akun yang dimasukkan pada Chrome harus sama. Nantinya, saat kamu ingin membuka taB baru di smartphone, opsi tab yang berasal dari perangkat lain akan muncul.