Membedah Kemampuan Kamera Nokia 8

0
54
Nokia 8 Camera Dual

Nokia adalah merk yang sangat terkenal di masa lalu, dimana mayoritas masyarakat menggunakan ponsel bermerk tersebut selama beberapa lama, sebelum akhirnya mulai tergerus dengan kemunculan produsen ponsel lain semisal Samsung, Apple, Xiaomi dan lain sebagainya.

Nah, bicara mengenai ponsel, Nokia kerap identik dengan merk yang mengusung desain yang tangguh, baterai kuat dan kamera berkualitas tinggi. Bicara mengenai kualitas yang terakhir, yakni kamera, wah tidak perlu diragukan lagi. Kualitas kamera Nokia patut diacungi jempol, karena mereka membawa teknologi lensa Carl Zeiss, sebuah merk yang diakui kehandalannya di dunia fotografi. Jika kamu masih ingat, dulu ada beberapa seri Nokia yang diklaim hasil kameranya setara dengan teknologi DSLR, yakni Nokia 808 PureView dan Nokia Lumia 1020.

Di tahun 2017 ini, Nokia muncul kembali mengusung kamera tangguh melalui smartphone premium terbarunya, Nokia 8. Di bawah bendera HMD Global selaku pemegang lisensi ponsel bermerk Nokia kini, sudah pasti Nokia hadir membawa teknologi kamera dengan hasil memuaskan.

Baca Juga : Review Nokia 8, Flagship Dengan Bodi Alumunium Unibodi

Nokia 8 mengusung tiga kamera dengan resolusi sama, yakni 13MP, dua buah ditempatkan di bagian belakang, satu lagi di bagian depan. Lensa Zeiss masih dibenamkan disana, terlihat dari logo Zeiss yang tersemat. Kamera ganda di belakang diperuntukkan untuk menangkap gambar menggunakan sensor warna utama dengan OIS (Optical Image Stabilization) dan satunya lagi untuk sensor monokrom, demikian kami rangkum dari laman Phone Arena.

Mari lihat spesifikasi kamera canggih yang diusungnya:

  • 13 MP kamera belakang dengan sensor warna (sensor Sony IMX 258) 1.12 micron pixels, 1/3.06 ukuran sensor, Optical Image Stabilization, lensa Zeiss f/2.0.
  • 13 MP kamera belakang dengan sensor monokrom (sensor Sony IMX 258), tanpa OIS, lensa f/2.0.
  • 13 MP kamera depan dengan auto fokus (sensor Sony IMX 258), lensa f/2.0.

Penggabungan Gambar Tingkat Tinggi dan Bidikan Terbaik Saat Minim Cahaya

Seperti terangkum dari data tiga kamera di atas, pengaturannya sama dengan yang diterapkan Huawei, yakni sensor warna utama dipadankan dengan sensor monokrom untuk memberikan tampilan ekstra dan detil dalam kondisi minim cahaya. Nokia menyatakan bahwa teknologi tersebut berhasil berkat “algoritma penggabungan gambar tingkat tinggi” yang mampu membuat kameranya bekerja dengan baik dalam segala kondisi.

Kombinasi sensor tersebut juga membuat efek “Live Bokeh”, demikian klaim Nokia. Efek itu memungkinkan kamu bisa mengatur sejumlah blur buatan untuk membuat subjek gambar tampil lebih fokus dan memukau. Lagi-lagi, efek ini bisa kita temukan di kamera Huawei. Dalam kedua merk tersebut, tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil gambar setara dengan kamera DSLR profesional.

Bothie

Inilah fitur yang dijagokan kamera Nokia 8, yaitu sebuah pengalaman baru untuk mengabadikan momen: “bothie”. Pada dasarnya, bothie mengambil gambar dari kamera depan dan belakang dan menyajikannya secara bersamaan pada layar dalam dua bagian, menggabungkannya baik untuk kamera maupun video. Tidak hanya itu saja, kamu bisa menyebarkannya secara livestream di YouTube dan Facebook (kamu bahkan bisa berinteraksi dengan penonton tanpa meninggalkan aplikasi kamera). Inilah yang Nokia sebut dengan “babak baru dalam konsep bercerita”.

Selfie

Tidak lengkap rasanya jika membicarakan kamera namun tidak membahas fitur idaman banyak orang ini, yakni selfie. Berbekal kamera 13 MP di bagian depan, sudah jelas mengambil gambar selfie dengan Nokia 8 adalah pengalaman yang menyenangkan. Detil yang ditampilkan sangat mengagumkan, sepertinya berhasil melampaui beberapa kamera depan merk vendor lain.

Demikianlah beberapa kemampuan kamera dari Nokia 8 yang kami sajikan. Jika kamu penggemar produk Nokia ataupun berniat mengganti ponsel saat ini dengan smartphone berkamera bagus, mungkin Nokia 8 bisa jadi pilihan yang pas. Tunggu saja kehadirannya di Indonesia.

Untuk saat ini, kamu bisa lihat video mengenai teknologi yang dibenamkan di Nokia 8, seperti kami ambil dari akun resmi Nokia Mobile via YouTube: