Oppo F1s Versi RAM 4 GB Telah Resmi Dirilis di Indonesia

0
428
Oppo F1s

Oppo memperbarui lini F1s dengan meningkatkan kapasitas RAM dan memori internalnya. Jika sebelumnya RAM 3 GB dan kapasitas penyimpanan 32 GB dianggap cukup, kini ditambah menjadi RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB.

Menurut Media Engagement Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, peningkatan kapasitas RAM dan memori F1s menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi akan sebuah smartphone. Dengan RAM lebih besar, performa smartphone akan semakin cakap. Begitu pula dengan memori jumbo yang membuat pengguna tak perlu khawatir menyimpan banyak konten foto dan video.

Saat ini lagi tren selfie dan vlog. Memori yang lebih besar memungkinkan konsumen menyimpan foto selfie lebih banyak dan merekam video lebih leluasa. Namun walaupun spesifikasi perangkat meningkat cukup signifikan, harga dari Oppo F1s versi baru ini tidak berbeda begitu jauh dari sebelumnya. Perangkat versi baru dijual dengan harga Rp 3,9 juta.

Sebelumnya, Oppo F1s versi terdahulu dijual dengan harga Rp 3,8 juta. Belakangan, harga perangkat tersebut sudah dipangkas menjadi Rp 3,5 juta. Oppo F1s versi baru itu dijanjikan sudah hadir di pasar seluruh Indonesia mulai 1 Februari mendatang.

Aryo menambahkan bahwa aplikasi pengeditan foto dan video semakin banyak berseliweran di toko aplikasi Play Store. Aplikasi-aplikasi yang memudahkan pengguna tersebut tentu membutuhkan memori yang lebih banyak. Itu juga menjadi alasan Oppo menambah kapasitas memori F1s.
F1s digadang-gadang sebagai ponsel “selfie expert” alias ahlinya selfie. Berbekal kamera selfie 16 megapiksel, F1s menjadi smartphone pertama dengan resolusi kamera depan yang lebih tinggi ketimbang kamera belakang. Sejak memperkenalkan lini F1 pertama kali pada Februari 2016, Oppo memang fokus sebagai ponsel kamera alias camera phone. F1 kemudian disusul dengan F1 Plus dan terakhir F1s.

Kamera F1s memiliki bukaan f/2.0 yang bisa dibilang memadai untuk menangkap cahaya. Adik bungsu dari keluarga F1 tersebut diklaim mampu diandalkan pada kondisi cahaya minim atau backlight.

Fitur beautification pun tak ketinggalan pada F1s. Pengguna bisa mengatur kadar kecantikan yang ingin tertera pada foto, mulai dari tone kulit, tingkat kemulusan, dan unsur-unsur lain yang tersedia pada opsi penyetelan. Ada juga screen flash  yang bisa diandalkan ketika berada di ruang gelap. Screen flash bekerja dengan mengkakulasi cahaya sehingga foto tak akan terlihat terlalu terang.

Pada kamera belakang, F1s memercayakan pada sensor beresolusi 13 megapiksel. Meski lebih rendah, kualitasnya dikatakan tak kalah dari kamera depannya. Kamera utama F1s memiliki fitur PDAF yang bisa menghasilkan foto hingga 50 megapiksel. Format foto juga bisa disetel RAW hingga dapat diedit lebih lanjut tanpa membuat gambar pecah.

Dari segi keamanan, F1s mematrikan fitur pemindai sidik jari alias fingerprint scanner pada tombol home yang tertera di sisi bawah tengah layar. Pengguna bisa mendaftarkan lima sidik jadi berbeda untuk membuka ponsel dan membuka aplikasi-aplikasi di dalamnya. Pemrosesan sidik jari untuk izin akses tak memakan waktu lama, hanya sekitar 0,2 detik.

Spesifikasi lain dari ponsel ini meliputi prosesor octa-core, slot microSD untuk memori eksternal hingga 128 GB, baterai 3075 mAH, dan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop yang dipadankan dengan colorOS 3.0.